ZonaEBT.com Panel Surya Panel Surya, Tertarik Intip Biaya dan Untungnya

Panel Surya, Tertarik Intip Biaya dan Untungnya

Biaya Serta Untungnya Panel Surya
  • Intip biaya pemasangan panel surya, baik di rumah maupun gedung tergantungan dengan besar kecil tenaga listrik yang diperlukan.
  • Aplikasi berbasis website untuk mengecek harga pemasangan serta biaya tagihan per bulan yang diciptakan P3TKEBTKE.
  • Berbagai keuntungan pemasangan panel surya baik di rumah maupun gedung.

Energi surya ialah energi yang paling murah dan ramah lingkungan dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya teknologi panel surya ini, energi surya sebagai dasar penggunaan panel surya yang sudah dapat digunakan secara mandiri di rumah. Panel surya memiliki keuntungan yang berlebih, walaupun tak sedikit manusia yang bimbang atas keputusannya untuk memasang panel surya di rumahnya.

Dengan janji-janji yang mengungkapkan banyak keuntungan pemasangan panel surya ini, manusia berbondong-bondong memasangnya. Walaupun memang harga pemasangannya sangat fantatis, tapi kondisi ke depan sangat menguntungkan bagi pemasang. Sudah banyak perusahaan yang berniaga dengan memperjualbelikan jasa pemasangan panel surya di rumah maupun gedung.

Baca juga:

Yuk, intip biaya pemasangan panel surya di rumah dan gedung!

Pada umumnya, biaya kisaran pemasangan panel surya di rumah mencapai angka 20 juta hingga 30 juta sesuai dengan besar kecilnya tenaga listrik yang akan dihasilkan. Memang tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan panel surya ini, disebabkan banyak komponen di dalamnya yang cukup rumit sehingga biaya dikatakan mahal.

Biaya pemasangan panel surya ini berdasar besarnya luas atap yang akan dipasang, kebutuhan listrik yang akan digunakan, dan besar kapasitas daya yang terpasang pada PLN (Perusahaan Listrik Negara) dalam perhitungan potensi kapasitas panel surya di atap rumah ataupun gedung.

Zaman sekarang sudah serba mudah untuk mengecek harga pemasangan hingga kalkulasi penghematan tagihan listrik per bulannya bisa melalui aplikasi. Aplikasi ini dirancang dan diciptakan oleh P3TKEBTKE (Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalisrikan Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi) yang berada di bawah naungan Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Aplikasi yang dirancang P3TKEBTKE ini bernama e-SMART dengan kepanjangan electronic survey, monitoring, and reporting. Aplikasi ini berbasis website yang bisa dikunjungi melalui laman https://esmart-plts.jatech.co.id/. Melalui aplikasi berbasis website ini, bagi masyarakat yang akan memasang panel surya tak lagi bingung mengenai perhitungan kisaran harga pemasangan serta biaya tagihan.

Lalu, bagaimana cara memilih panel surya yang bagus dan terbaik? mengenai hal itu, terdapat tips-tipsnya, sebagai berikut:

Pertama, pastinya memilih merek berkualitas dan dikenal, disarankan merek Tier 1. Boleh merek lain, asalkan komponen serta keunggulannya harus serupa dengan merek Tier 1.

Kedua, sebelum persetujuan melakukan transaksi, cek terlebih dahulu bentuk pada fisik panel apakah terdapat goresan, label rusak, atau hal lainnya yang terlihat aneh. Ketiga, memastikan dengan betul bagian sel surya, apakah berkondisi baik dan selaras, disebabkan sel surya ialah komponen paling penting dalam panel surya.

Keempat, memastikan apakah panel surya ini dapat bertahan hingga 20 tahun ke depan karena pemasangan panel surya di rumah ataupun gedung ini bersifat awet. Terakhir, memilih fitur serta komponen panel surya sesuai dengan kebutuhan.

Namun, apakah untungnya panel surya ini? Sangat banyak, yang jelas ialah menghemat biaya listrik dalam bulanan. Meski awal pemasangan sangat mahal, tetapi panel surya ini untuk jangka panjang yang dapat menghemat finansial. Selain itu, dikenal murahnya biaya pemeliharaan dan perawatan, cukup membersihkannya secara rutin dan menjaga permukaan panel agar terjaga dengan baik.

Tak hanya itu, paling penting panel surya ini dikenal ramah lingkungan. Panel surya ini dipercaya sebagai upaya penyelamatan bumi karena mengalami penaikan suhu serta pemanasan global yang cukup signifikan. Jadi, banyaklah keuntungan-keuntungan yang didapatkan dalam memasang panel surya walaupun memang membutuhkan banyak biaya dalam pemasangan awal.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

Ini Sederet Keuntungan Beralih ke Panel Surya

Mau Pasang Panel Surya di Rumah? Aplikasi ini Bisa Hitung Biaya sampai Penghematan Tagihan Listrik

Harga Panel Surya Terbaru

Inilah 5 Cara Memilih Solar Panel Rumah yang Penting Anda Ketahui

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.