Luar Biasa, Jerman Bikin Panel Surya terapung di Danau Silbersee

  • Panel surya merupakan suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik
  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung akan digunakan di Jerman pada bulan Mei.
  • Pembangkit listrik tenaga surya terapung ini akan menghemat 1.100 ton emisi karbondioksida per tahunnya.

Panel surya mungkin saat ini masih sangat jarang diterapkan mengingat banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh pemilik rumah, mulai dari budget yang besar hingga lingkungan sekitar rumah. Namun, manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan panel surya ini sangat besar seperti dapat menghemat tagihan listrik hingga 50%, ramah lingkungan, dan mudah diterapkan di Indonesia yang merupakan Negara tropis. 

Panel surya merupakan suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut dengan efek photovoltaic. Energi listrik yang diproduksi ini biasanya akan digunakan untuk kebutuhan listrik dan ada juga yang disimpan terlebih dahulu dengan baterai.

Pembangkitan listrik dengan energi surya dapat dilakukan secara langsung menggunakan fotovoltaik, atau secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi surya menjadi energi listrik menggunakan efek fotolistrik.

Baca Juga:



Komponen utama di dalam pembangkit listrik tenaga surya meliputi modul surya, inverter, dan baterai listrik. Sistem pembangkit listrik tenaga surya terbagi menjadi sistem terhubung jala listrik, sistem tidak terhubung jala listrik, sistem tersebar, sistem terpusat dan sistem hibrida.

Pertama kali panel surya berada di atap. Kemudian seluruh pembangunan energi listrik besar didedikasikan menggunakan sistem tenaga surya. Yang saat ini sistem tenaga surya telah mencapai air dan memperkenalkan sistem tenaga surya mengapung. Salah satunya di Jerman. 

Sebuah perusahaan asal Jerman bernama BayWa re pada bulan Mei mendatang akan mulai menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung. PLTS tersebut telah dibangun di atas danau Silbersee, Haltern, Jerman yang merupakan danau tambang.Sebuah teknologi terbarukan yang dipasang ini nantinya dapat membantu Jerman menghentikan ketergantungan bahan bakar fosil Rusia. 

Kepala Manajemen produk PV terapung di BayWa re, Toni Weigl mengatakan, Jerman bisa menampung sekitar 20 gigawatt (GW) energi surya terapung.

Baca Juga:



“Sistem PLTS terapung ramah lingkungan dan memiliki keunggulan dalam pemasangan yang lebih sederhana dan cepat,” ujar Toni Weigl

Pembangkit listrik terapung ini mampu menyediakan daya 3 megawatt (MW), yang setara dengan turbin angin darat pada umumnya. Panel surya dengan 5.800 modul pada 360 elemen mengambang, akan mulai beroperasi pada 24 Mei mendatang. Hal itu dilakukan ketika Jerman tengah berjuang untuk menemukan sumber energi alternatif dan menghapus ketergantungan pada minyak dan gas Rusia setelah invasi ke Ukraina. 

Pembangkit listrik tenaga surya terapung ini akan menghemat 1.100 ton emisi karbondioksida per tahunnya. Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan jumlah listrik yang sama yang dihasilkan dari bahan bakar fosil.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] Melihat Taman Surya Terapung Terbesar di Jerman

[2] Top! Jerman Bikin Panel Surya yang Terapung di Danau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *