Pamer! Kendaraan Listrik Unjuk Gigi Pada Ajang Tahunan IIMS 2022

  • Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia atau Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dilaksanakan pada tanggal 31 Maret hingga 10 April 2022.
  • Airlangga mengatakan ekosistem industri otomotif Indonesia mulai pulih karena dorongan oleh ekosistem mobil listrik nasional yang berkembang dengan pesat, bahkan dalam waktu dekat tiga pabrik besar mobil listrik akan meluncurkan tipe mobil listrik andalannya.
  • Pemerintah terus mendorong percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik kedepannya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar bensin sebagai salah satu produk transisi energi hijau di sepanjang wilayah Indonesia.

Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia atau Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dilaksanakan pada tanggal 31 Maret hingga 10 April 2022. Acara IIMS ini diadakan secara hybrid atau perpaduan daring dan luring. Pameran digelar di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta Pusat.

IIMS 2022 dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, dalam pembukaannya ia mengatakan bahwa pemulihan sektor perekonomian nasional makin membaik karena kebijakan pemerintah salah satunya pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Baca Juga



Airlangga mengatakan ekosistem industri otomotif Indonesia mulai pulih karena dorongan oleh ekosistem mobil listrik nasional yang berkembang dengan pesat, bahkan dalam waktu dekat tiga pabrik besar mobil listrik akan meluncurkan tipe mobil listrik andalannya. Pemerintah terus mendorong percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik ke depannya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar bensin sebagai salah satu produk transisi energi hijau di sepanjang wilayah Indonesia.

“Pelaksanaan IIMS 2022 yang mengusung tema Your Infinite Automotive Experience diharapkan menjadi ajang untuk menampilkan beberapa inovasi teknologi, dan tentu yang penting adalah menyediakan kendaraan yang target pasarnya masyarakat berpenghasilan menengah agar utilisasi dapat meningkat. Oleh karena itu, transisi menuju mobil listrik dapat menjadi sebuah keharusan untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap minyak dan pemerintah mendorong biosolar misalnya dengan biodiesel” papar Airlangga pada pembukaan IIMS 2022 (31/03/22) di JIEXPO.

Baca Juga



Berikut ini adalah deretan mobil ramah lingkungan yang terpampang pada perhelatan IMSS 2022.

Chery, merek mobil kenamaan asal Tiongkok ini memasarkan kendaraan listriknya yang bertipe EQ1 di lantai pameran IIMS 2022. EQ1 hadir untuk mempersembahkan kemampuan Chery dalam hal mobilitas kendaraan elektrik yang tengah marak di berbagai belahan dunia. EQ1 hadir dengan desain yang kompak dan stylish seperti kendaraan listrik lainnya di negeri asalnya. EQ1 dilengkapi dengan motor berdaya 55kW atau sekitar 40 tk dan torsi 120 Nm. Kendaraan ini dibekali dengan baterai lithium berkapasitas 30,6 kWH.

Masih dengan kendaraan yang berasal dari negeri tirai bambu, DFSK kembali memperlihatkan tipe mobil andalannya yaitu Seres SF5. SF5 adalah produk DFSK dengan kemampuan EV Range Extender. Spesifikasinya, SF5 menggunakan penggerak all wheel drive (AWD) yang diaplikasikan pada high performance dual electric motor. Ada dua motor listrik SEP200AC dengan produksi aliran tenaga tembus hingga 255 kW (347 ps) di depan dan HW150 dengan tenaga 150 kW (204 ps) di bagian belakang. Seres SF5 diklaim dapat menempuh 0 sampai 100 km per jam hanya dalam 4,7 detik.

Selanjutnya Mitsubishi, merek mobil asli kenamaan Jepang ini memamerkan produk EV kebanggaannya, Minicab-MiEV. MiEV adalah kendaraan kompak yang menggunakan tenaga motor listrik sebagai penggerak. MiEV ini dikenal sangat tangguh dalam logistik bisnis di negeri asalnya karena mampu bergerak di jalan-jalan sempit sekalipun. MiEV memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 150 kilometer berkat baterai berukuran 16 kWh.

Yang terakhir ada dari Hyundai, pada IMSS 2022 Hyundai memperkenalkan Ioniq 5. Ioniq 5 merupakan kendaraan listrik yang langsung diproduksi di Indonesia. Ini juga produk pertama Hyundai yang menerapkan electric-global modular platform (E-GMP). Ioniq 5 memiliki baterai berkapasitas 58 kWh dan 72,6 kWh dengan jarak tempuh hingga 384 kilometer dan 481 kilometer.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] “Deretan Mobil Litrik Canggih yang Mejeng di IIMS 2022”

[2] “Keren Nih! Ini Deretan Mobil Listrik yang Mejeng di IIMS 2022”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *