Jangan Panik! Inilah Tips Mobil Listrik Kehabisan Baterai Saat Tempuh Perjalanan

  • Terdapat tips dan trik baterai mobil listrik awet dan tahan lama.
  • Fitur penjemputan yang diakali oleh PT Hyundai Motors Indonesia yang menguntungkan pengguna mobil listrik merek Hyundai.
  • Penyebaran SPKLU di seluruh rest area Indonesia untuk mendukung Penpres No. 55 Tahun 2019.

Beberapa masyarakat Indonesia rata-rata sudah menggunakan kendaraan listrik, khususnya mobil listrik yang memang bisa leluasa untuk keluarga. Namun, sebagian keluarga mungkin ragu-ragu jika ingin membawa mobil listrik jalan-jalan ataupun menempuh perjalanan jauh. Bagaimana tidak, pasti khawatir jika mobil listrik yang dikendarainya tiba-tiba baterainya habis. Pemilik mobil listrik yang masih baru dan awam, yang masih mempelajari mobil listrik pasti akan panik, mencari pertolongan, bisa jadi sampai kebingungan sendiri.

Di Indonesia terdapat PT kendaraan yang terkenal yang menghadirkan layanan ‘mobil charging’ sebagai penyelamat pengendara mobil listrik yang kehabisan baterai saat menempuh perjalanan jauh atau pun kondisi darurat lainnya yaitu PT Hyundai Motors Indonesia. PT Hyundai Motors Indonesia ini mengkhususkan hanya bagi pengendara dan pengguna mobil merek Hyundai.

Baca juga:



Adanya hal ini, pengguna mobil listrik merek Hyundai tidak perlu risau jika kehabisan baterai saat berkendara dan jika letaknya jauh dari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU.

PT Hyundai Motors Indonesia sudah menjadi teman para pemilik mobil listrik merek Hyundai tersendiri karena dari mereka memiliki fitur penjemputan jika pengendara mengalami musibah alias mogok di tengah perjalanan. Fitur penjemputan ini sangat cocok sehingga para pengendara mobil listrik merek Hyundai tidak perlu khawatir dan kebingungan lagi.

Dalam masyarakat, mobil listrik masih menjadi perbincangan negatif bahwa mobil listrik ini adalah pembelian yang sia-sia karena kendaraan yang memiliki laju lamban serta tidak praktis. Namun, pada faktanya mobil listrik yang sudah tingkatan modern dapat menempuh lebih dari 400-an KM dengan syarat keadaan baterai penuh serta stasiun pengisian dapat cepat dalam mengisi ulang dengan waktu kurang dari setengah jam.

Para pengendara yang baru memiliki kendaraan listrik tidak usah panik jika kehabisan baterai karena terdapat tips dan trik bagaimana cara baterai pada mobil listrik ini awet dan tahan lama.

Tips untuk para pengendara yang ingin menempuh jarak jauh dengan mobil listrik harus merencanakan berbagai hal yang menjadikan perjalanan mulus tanpa kendala. Disarankan mengisi daya baterai maksimal hingga 80% untuk memaksimalkan daya tahan. Namun, jika ingin menempuh perjalanan baru mengisi penuh hingga 100% untuk mendapatkan manfaat dari jangkauan penuh disaat mobil listrik dibutuhkan.

Mengapa untuk sehari-hari tanpa perjalanan jauh harus mengisi daya baterai maksimal hingga 80%? Apakah tidak tanggung untuk menuju 100%? Terlalu sering mengisi baterai hingga kapasitas 100% berulang kali dalam setahun akan merusak baterai secara cepat, dan mengakibatkan daya baterai pun tidak awet.

Hal penting lainnya, hindari penggunaan rak atap yang mana akan membahayakan aerodinamis mobil dengan pengurangan daya jangkau yang besar. Jika mengendarai di putaran bawah pun dapat menguras baterai. Maka, saat pengereman cobalah menggunakan pengereman regeneratif sebanyak mungkin. Cara inilah yang akan banyak mentransfer banyak energi dari pengereman.

Jumlah SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di Indonesia sudah berbagai rest area yang dikelola oleh PT JMRB. Penyediaan SPKLU di rest area atau area istirahat memiliki tujuan guna menyiapkan sarana sebagai upaya mendukung implementasi Perpres (Peraturan Presiden) No. 55 Tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Berharap untuk penyebaran SPKLU di seluruh rest area ini berjalan dengan baik dan merata yang mana termasuk suatu bentuk upaya memaksimalkan pelayanan bagi pengguna jalan tol, khususnya pengguna kendaraan listrik.

Diharapkan masyarakat tidak ragu dan berpikiran negatif mengenai penggunaan kendaraan listrik khususnya mobil listrik yang memang dasarnya menguntungkan masyarakat Indonesia karena mengurangi penggunaan bahan bakar minyak bumi.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

Chandra, Rio. (2021). Mobil Listrik Kehabisn Baterai di Perjalanan, Apa yang Harus Dilakukan?. Diakses pada 24 April 2022, dari https://otomotif.okezone.com/read/2021/12/07/52/2513405/mobil-listrik-kehabisan-baterai-di-perjalanan-apa-yang-harus-dilakukan

Blackxperience.com. (2022). Cara Efektif dan Efisien Mengendarai Mobil Listrik Untuk Perjalanan Jauh. Diakses pada 24 April 2022, dari https://www.blackxperience.com/blackauto/autotips/cara-efektif-dan-efisien-mengendarai-mobil-listrik-untuk-perjalanan-jauh

Fikriansyah, Ilham Satria. (2021). Mudik Naik Mobil Listrik Nggak Khawatir. Ini Lokasi Tempat Ngecas. Diakses pada 24 April 2022, dari https://oto.detik.com/mobil/d-5486368/mudik-naik-mobil-listrik-nggak-khawatir-ini-lokasi-tempat-ngecas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *