ZonaEBT.com Sampah Jumlah Bank Sampah Di Kota Denpasar Terus Bertambah

Jumlah Bank Sampah Di Kota Denpasar Terus Bertambah

  • Jumlah bank sampah di Kota Denpasar terus bertambah. Salah satunya yaitu baru saja diluncurkan Bank Sampah Anak Emas, Banjar Merta Buana, Kelurahan Padangsambian.
  • Peluncuran Bank Sampah ini merupakan upaya memaksimalkan pengelolaan sampah berbasis sumber di wilayahnya.
  • Jumlah warga yang terdaftar sebagai anggota sampai saat ini sebanyak 119 nasabah.

Jumlah bank sampah di Kota Denpasar terus bertambah. Salah satunya yaitu baru saja diluncurkan Bank Sampah Anak Emas, Banjar Merta Buana, Kelurahan Padangsambian dilaksanakan pada Minggu, 17 April 2022 oleh Lurah Padangsambian Ketut Alit Artika. Hadir pula para tokoh adat di desa tersebut.

Kepala Lingkungan Banjar Merta Buana, Ni Nyoman Darmi menjelaskan bahwa peluncuran Bank Sampah Anak Emas di Banjar Merta Buana, Kelurahan Padangsambian ini merupakan upaya memaksimalkan pengelolaan sampah berbasis sumber di wilayahnya. Bank Sampah ini sebenarnya sudah beroperasi sejak 20 Maret 2022. Namun, peresmiannya baru saja dilakukan pada hari Minggu,17 April 2022. 

Baca Juga:



Banjar Merta Buana menjelaskan bahwasanya Jumlah warga yang terdaftar sebagai anggota sampai saat ini sebanyak 119 nasabah. Sementara petugas bank sampah terdiri dari 10 orang yang terdiri dari petugas pemilah, petugas penimbang dan petugas pembukaan.

Anggota Bank Sampah Anak Emas ini diwajibkan untuk memilah sampah mulai di rumah tangga nya masing-masing untuk kemudian dikumpulkan setiap dua kali  sebulan setelah itu diambil di hari minggu pagi. Sampah tersebut ditimbang dengan harga yang sudah ditentukan sesuai jenis sampah per kilogram nya. “Sampah kemudian diteruskan ke Pengepul dari ” Bali Bersih” dimana hasil penjualan sampah ditabung ke LPD Desa Adat Padangsambian, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat,” ujarnya. 

Baca Juga:



Dengan adanya Bank Sampah  ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat sekitar khusunya penduduk di kota Bali akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, serta lebih dahulu memilah  sampah antara sampah organik dan sampah an organik  untuk mengurangi sampah yang menuju ke TPS maupun TPA. “Langkah ini sebagai upaya nyata dari pihaknya untuk  mendukung Program Pemkot Denpasar terkait pengelolaan sampah berbasis sumber  yang cerdas dan juga bisa mengubah sampah jadi barang yang lebih bernilai ekonomis bagi warga masyarakat,” imbuhnya.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi :

https://posmerdeka.com/lurah-padangsambian-luncurkan-bank-sampah-anak-emas//

https://www.baliprawara.com/bank-sampah-anak-emas-banjar-merta-buana-diluncurkan/

1 Likes

Author: Yurike Wahita

Leave a Reply

Your email address will not be published.