6 Jenis Sampah yang Sulit Terurai

Coba pikir sejenak kawan, sampah dari mu kemana-mana. Sepenggal lirik lagu dari band peduli lingkungan bukan tidak lain, Navicula. 

Seperti kita tahu juga, masalah sampah merupakan masalah kita bersama. Tidak pandang status sosial. Entah kamu merupakan pejabat negara atau petugas sampah rumah. Semua harus ikut serta bijak bersampah. Seperti pendidikan dari SD sampai masuk Universitas, tidak lelah-lelahnya mereka menginfokan untuk buang sampah pada tempatnya.

Tapi jika hanya buang sampah pada tempatnya. Tidaklah cukup, perlu sebuah upaya untuk mengolah sampah itu menjadi hal yang bermanfaat. Serta tidak mencemari lagi lingkungan ini. Maka dari itu zonaebt.com sudah merangkup beberapa jenis sampah yang sulit untuk terurai seperti: 

  1. Kaleng Aluminium, kaleng bekas minuman kita ini. Perlu waktu sekitar 80 sampai 200 juta untuk bisa terurai. Saat Anda yang buang sampah kaleng abis minum itu. Melihat kelang yang dulu, kok kalengnya tidak berubah. Tapi mukanya malah keriput.
  2. Popok bayi, sampah jenis ini lebih gila lagi. Pokok bayi menjadi kebutuhan utama bagi mereka para orang tua. Padahal jika dilihat lagi, popok bayi malah membutuhkan sekitar 500 tahun untuk terurai. Hal hasil akan mencemari lingkungan sekitar jika tidak ditangani dengan serius serta berkelanjutan, 
  3. Styrofoam, salah satu bahan pembungkus makanan ini. Sangat marak dipakai mereka yang tinggal di perkotaan. Selain praktis dan murah, Styrofoam merupakan pilihan terbaik untuk pelaku usaha makanan. Padahal, Styrofoam ini terbuat dari minyak bumi. Dimana minyak bumi merupakan energi yang tidak dapat diperbarui.
  4. Kantong Plastik, hidup manusia zaman modern pasti sangat tergantung dengan salah satu bahan ini. Tidak dipungkiri lagi, bahwa kantong plastik sudah masuk ke dalam sendi kehidupan. Mulai dari pembungkus makanan sampai pembungkus apapun itu kantong plastik. Bisa. Dari informasi yang didapatkan, Kantong plastik membutuhkan waktu 10 sampai 1000 tahun untuk bisa dihancurkan. Belum lagi menjadi micro plastik, uh dampaknya lebih parah lagi. 
  5. Botol plastik, tidak jauh berbeda dengan kantong plastik. Botol plastik juga sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia. Semua toko, warung sampai mall. Menjual saja minuman yang berbahan dari botol plastik. Bisa lihat juga, kulkas di rumah Anda apakah ada botol plastik. Cek lagi botol plastik ini membutuhkan 70 sampai 450 tahun agar dapat terurai. 
  6. Baterai, Perkembangan kendaraan listrik tahun-tahun ini sedang naiknya. Mungkin kita bertanya-tanya, Baterai bekas itu apakah memiliki efek samping untuk lingkungan. Faktanya lagi baterai bekas itu membutuhkan waktu hingga 100 tahun untuk bisa terurai. Karna senyawa yang terdapat dalam baterai sulit untuk terurai oleh aman. 

Menarik bukan?, jadi hal bijak bersampah seperti apa yang bakal kamu lakukan?

tulis di kolom komentar bawah ya, kami tunggu!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *