Menengok Panas Bumi Sumber EBT Yang Tertidur

  • Indonesia menjadi negara kedua dengan cadangan energi panas bumi terbesar di dunia.
  • Pertamina melalui anak usahanya Pertamina Geothermal, siap mendorong transisi energi bersih.
  • energi panas bumi, dapat menghemat devisa negara.

Ambisi pemerintah menuju 23% baluran energi baru terbarukan terus diupayakan. Terbukti salah satu yang menjadi andalan adalah panas bumi. Menurut keterangan dari Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi  Notonegoro menyoroti bahwa panas bumi merupakan salah satu sumber energi menuju pembangunan berkelanjutan dan ekonomi bebas emisi. 

Senada dengan apa yang dikatakan oleh Komaidi Notonegoro. Direktur Pertamina (Persero) juga sangat setuju bahwa pembangkit listrik tenaga panas bumi merupakan salah satu andalan Indonesia untuk mencapai kemandirian dan energi yang bersih. 

Hal ini bukan tanpa alasan, lantaran Indonesia berada di dalam cincin api atau Ring of fire dunia. Keberadaan gunung berapi yang berada di perut bumi Indonesia. Tentu akan menjadi potensi yang besar bila dimanfaatkan dengan maksimal.

Baca juga: 



Data terbaru menyebutkan juga bahwa Indonesia berada di urutan kedua setelah Amerika Serikat. Besaran energi yang berada di perut bumi nusantara sebesar 2.276 MW. 

Besaran itu masih berada di bawah Amerika Serikat dengan 3.722 MW. Di bawah Indonesia ada Filipina dengan 1.918 MW, Turki dengan 1.710, dan New Zealand dengan 1.037 MW.

Peranan Pertamina sebagai bagian mendukung akselerasi energi hijau 

Melalui perhelatan dari Presidensi G20 Indonesia. Salah satu topik yang digaris bawahi itu transisi energi sebagai topik utama- di antara topik lainnya. Saat ini, transisi energi merupakan isu menjadi prioritas dan Pertamina notabene merupakan perusahaan energi terkemuka harus menjadi pemimpin dalam peralihan dan mengejar target menuju energi bersih dan berkelanjutan. 

Sebagai seorang nomor satu di Pertamina (Persero) Nicke mengingatkan terdapat delapan pilar transisi energi meningkatkan kilang Pertamina untuk menghasilkan bahan bakar ramah lingkungan, pengembangan lebih lanjut Bioenergi dalam bentuk biomassa dan bioetanol, dan mengoptimalkan potensi dan meningkatkan kapasitas panas bumi terbesar serta komersialisasi hidrogen.

Baca juga: 



Panas bumi, energi hijau yang tertidur. Penghasil listrik dan juga sebagai pengurang emisi dan mengoptimalkan sumber daya energi lokal. Selain itu juga, penerapan video promosi webinar telah mampu mengurangi gas rumah kaca, dan bahkan mencapai 14,91 juta ton karbon dioksida per tahun. Berdasarkan perhitungan dari Carbon neutral. Jumlah itu gabungan dari beberapa PLTP yang terpasang sebesar 2.130.6 Megawatt.

Mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga panas bumi juga memberikan dampak positif  dari sesi ekonomi makro, yaitu penghematan devisa negara. Karena energi panas ini mengurangi impor minyak dan gas untuk bahan bakar listrik tenaga diesel. 

Tahun 2022 sudah memasuki bulan maret, tinggal menunggu kapan Indonesia akan merdeka energi. Panas bumi energi terbarukan yang tertidur. Mari bangkit dengan kucuran uang investor dan regulasi pemerintah yang mendung. 

zonaebt.com

Renewable Content Provider

#Panasbumi #ZonaEBT #Pertamina #geothermal #PLTP

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi 

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4861419/punya-potensi-25-gw-bagaimana-pengembangan-panas-bumi-di-ri

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4915545/dirut-pertamina-panas-bumi-sumber-energi-paling-potensial-di-indonesia

https://www.antaranews.com/berita/2308226/pertamina-ungkap-manfaat-tersembunyi-energi-panas-bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *