BUMN Bangun Green Industry Cluster

  • BUMN berencana untuk mewujudkan Green Industry Cluster.
  • Ketiga BUMN yang bekerjasama diantaranya yaitu PT PLN, PT Pupuk Indonesia, PT Pertamina.
  • Kerjasama ini diharapkan dapat membuat transisi energi dapat dilakukan dengan melihat frame ke depan.

Dalam rangka pengembangan green hidrogen dan green ammonia. BUMN berencana untuk mewujudkan Green Industry Cluster. Terdapat tiga BUMN yang menandatangani nota kesepakatan untuk melakukan kerjasama dalam membangun Green Industry Cluster melalui penyediaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Ketiga BUMN tersebut di antaranya yaitu PT PLN, PT Pupuk Indonesia, dan PT Pertamina.

Baca juga :



Dalam kerja sama ini PLN yang bertugas dalam menyediakan green energy (panas bumi, angin, dan air) di pabrik-pabrik pupuk Indonesia diharapkan dapat mencapai target pada tahun 2025 sebesar 23% target bauran energi. Selain itu, PLN juga menyiapkan sertifikat EBT dan merencanakan penambahan kapasitas untuk pembangkit EBT, mulai dari PLTA, PLTP, PLTS dan PLTB dengan kapasitas total 2.213 MW untuk Pupuk Iskandar Muda dan Pupuk Sriwijaya dalam mengakses listrik hijau. Sebanyak 1.205 MW potensi kapasitas terpasang diberikan kepada Pupuk Kaltim dan ditopang dari PLTS, PLTA, dan PLTB. Sebesar 5.375 MW untuk Petrokimia Gresik dan Pupuk Kujang PLN di wilayah Jawa ditopang dari PLTP, PLTS, PLTA, dan PLTB.

Direktur utama Pupuk Indonesia mengatakan bahwa bencana industri hijau tidak lepas dari Pupuk Indonesia. Oleh karena itu, rencana industri hijau pasti akan melalui green ammonia dan blue ammonia yang merupakan amonia dari hasil sumber energi yang terbarukan. Amonia jenis ini diharapkan akan menjadi bahan baku pupuk nantinya karena lebih ramah lingkungan. Produksi blue amonia bersumber dari energi fosil. Karbon yang dihasilkan oleh blue amonia tetap harus diinjeksi ke dalam perut bumi lagi. Untuk Green hydrogen diproduksi dari energi panas bumi.

Baca juga :



Kerja sama ini diharapkan dapat membuat transisi energi dapat dilakukan dengan melihat frame ke depan. Tahap pertama dalam pengembangan ini akan dilakukan dekarbonisasi program level operasional, selanjutnya untuk penyediaan listrik menggunakan EBT, dan yang terakhir diharapkan memiliki produk ramah lingkungan sebagai hasilnya.

Zonaebt.com

Renewable Conten Provider

#zonaebt #SebarEnergiTerbarukan #BUMN #GreenHydrogen

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220223171031-4-317752/tiga-bumn-raksasa-ri-bangun-kluster-industri-hijau-kaya-apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *