PAHAMI DAMPAK SAMPAH PLASTIK BAGI LINGKUNGAN

  • Kurangnya kesadaran masyarakat serta kurangnya solusi pengelolaan sampah yang baik menyebabkan lingkungan terkena dampaknya
  • Sampah plastik sendiri terbuat dari bahan-bahan kimia yang sulit terurai
  • Pembuangan sampah plastik berdampak pada ekosistem laut, tanah, dan udara

Sampah masih menjadi salah satu masalah yang masih saja berlanjut sampai saat ini, banyaknya sampah yang dihasilkan dalam kegiatan sehari-hari menyebabkan menumpuknya sampah pada tempat pembuangan. Hal ini menjadi salah satu masalah yang kurang diperhatikan oleh masyakarat karena masih saja banyak masyarakat yang mengabaikan larangan membuang sampah sembarangan dan tidak memperdulikan dampak yang akan terjadi pada lingkungan sekitar.

Kurangnya kesadaran masyarakat serta kurangnya solusi pengelolaan sampah yang baik menyebabkan lingkungan terkena dampaknya. Selain itu, pemerintah seharusnya lebih tegas kepada pelaku pembuangan sampah secara sembarangan apalagi yang sampai merugikan lingkungan. Bayangkan saja tidak semua sampah bisa didaur ulang dan masih banyak sampah yang berdampak merugikan lingkungan, seperti halnya sampah plastik.

Baca juga :



Sampah plastik sendiri terbuat dari bahan-bahan kimia yang sulit terurai sehingga tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tetapi juga berbahaya bagi lingkungan sekitar. Di Indonesia sendiri masih banyak sampah plastik yang tertimbun ditempat pembuangan ataupun banyak sampah yang mengapung dilaut dan disungai. Yang tentu saja tidak hanya merugikan lingkungan tapi juga merugikan makhluk hidup yang ada didalamnya.

Seperti halnya pembuangan sampah plastik di laut bisa berdampak buruk bagi ekosistem laut, dimana banyak hewan-hewan laut yang akan punah karena terkena racun dari plastik yang dikonsumsinya. Pembuangan sampah disungai juga dapat mengakibatkan memburuknya kualitas air yang menjadikan air tidak layak untuk dikonsumsi lagi karena mengandung cairan beracun yang dihasilkan dari sampah yang ada disungai.

Selain itu sampah plastik juga dapat menyebabkan polusi bagi tanah, sampah plastik yang sudah lama berada ditempat pembuangan dan terkena air hujan akan meresap kedalam tanah dan mengendap didalam tanah sehingga dapat mengurangi kesuburan tanah dan dapat menurunkan kualitas air tanah dan air waduk karena terkena air hujan yang sudah tercampur dengan cairan berbahaya dari sampah plastik. Dampak lain yang ditimbulkan yaitu polusi udara, ketika kita membakar sampah plastik bahan kimia yang ada didalamnya akan menyebar ke udara dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan bagi siapapun yang menghirupnya.

Baca juga :



Jadi, memang sudah seharusnya penggunaan sampah plastik ini dikurangi agar pencemaran pada lingkungan juga bisa teratasi. Masyarakat juga harus menyadari akan bahaya dari membuang sampah sembarangan yang tidak hanya akan merugikan lingkungan tapi juga dapat merugikan kesehatannya sendiri. Pengurangan penggunaan plastik bisa dimulai dengan mengganti segala hal yang berbahan plastik dengan bahan ramah lingkungan, sehingga tidak hanya mengurangi sampah tetapi juga sekaligus menjaga agar lingkungan tetap bersih dan menjaga ekosistem serta kesehatan.

Editor : Bunga Pertiwi

Referensi :

https://m.liputan6.com/hot/read/4581295/10-bahaya-sampah-plastik-bagi-lingkungan-dan-kesehatan-mulai-batasi-penggunaannya?page=6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *