Baca Ini Jika Ingin Merancang Panel Surya Sendiri!

  • Dalam merencanakan sebuah sistem PLTS atap anda harus memerhatikan kebutuhan energi listrik yang anda butuhkan setiap harinya.
  • Pemilihan modul surya yang akan dipasang nantinya juga patut diperhatikan karena setiap panel surya memiliki dimensi yang berbeda
  • Setelah melakukan perancangan anda diwajibkan untuk mengirim beberapa dokumen ke PLN untuk mendapatkan Surat Layak Operasi untuk PLTS atap anda

Pengunaan panel surya semakin hari semakin meningkat. Terlebih lagi trend penggunaan panel surya yang dipasang diatap rumah kini sedang marak dilakukan. Sistem tersebut biasa dikenal dengan Solar Home System (SHS) atap kerap juga disebut sebagai PLTS atap. Konfigurasinya juga beragam, ada yang off-grid,on-grid dan juga hybrid.

Untuk mengetahui bagaimana perancangan sebuah SHS atau PLTS atap yang sedang marak dan digencarkan oleh pemerintah, Kementrian ESDM telah mengeluarkan panduan untuk merancang SHS atau PLTS atap itu sendiri.

Dalam perancangan sistem, secara umum terdapat dua tahapan yaitu :

  1. Perancangan ukuran energi yang dibutuhkan
  2. Perancangan sistem kelistrikan

Baca Juga :


Perancangan PLTS : Sebaiknya dipasang ke arah mana?

How do Solar Panels Transform Energy into Electricity? Click to find out!


Untuk perancangan secara lebih rinci, ada beberapa hal yang harus diperhitungkan dan disiapkan yaitu :

  • Menghitung Energi Harian Siang

Dalam menghitung kebutuhan energi harian siang dapat dilakukan dengan pendekatan atau perkiraan beban listrik yang kita gunakan saat siang hari. Secara mudahnya dapat dilakukan dengan kalkulasi setiap komponen yang memerlukan listrik dengan rumus berikut:

Energi = Daya x Waktu

Daya tersebut dapat diperoleh dari masing-masing komponen seperti kulkas, tv, rice cooker dan sebagainya. Kemudian setelah dihitung masing-masing lalu dijumlah dan dirata-ratakan selama satu minggu.

Selain menggunakan rumus diatas, kebutuhan energi harian siang juga dapat ditinjau dari selisih penggunaan energi listrik pada kWh meter di rumah masing-masing.

  • Menentukan Kapasitas Optimal Sistem PLTS Atap

Setelah mengetahui kebutuhan energi harian siang, anda dapat melanjutkan untuk menentukan kapasitas PLTS atap yang akan dipasang nantinya. Adapun beberapa hal yang diperlukan untuk menentukan kapasitas optimal sistem PLTS atap yang akan dipasang nantinya, yaitu: 1) Kebutuhan energi harian siang dan 2) Data iradiasi rata-rata harian dilokasi pemasangan PLTS atap.

Untuk mendapatkan data iradiasi harian di wilayah anda dapat diperoleh dengan du acara, yaitu dengan pengukuran langsung atau melalui data sekunder. Jika anda tidak dapat melakukan pengukuran langsung, dapat menggunakan data sekunder yang diperoleh dari otoritas atau badan yang memiliki kewenangan untuk menerbitkan data iradiasi. Dalam hal ini misalnya, NASA atau Solargis yang dapat diakses melalui link berikut :

https://power.larc.nasa.gov/ (NASA)

https://globalsolaratlas.info/map (Solargis)

Kapasitas optimal sistem PLTS atap nantinya tidak boleh melebihi daya yang tersambung. Misalkan, pelanggan PLN memiliki daya tersambung sebesar 1300 W, maka pelanggan hanya dapat memasang PLTS atap dengan kapasitas maksimum sebesar 1300 Wp.

Baca Juga :


Baca Ini! Sebelum Pasang Panel Surya Sendiri

Pahami Jenis Panel Purya Berdasarkan Materialnya


  • Menghitung Daya Puncak Sistem

Untuk menghitung daya puncak sistem PLTS atap dapat dihitung dengan rumus berikut:

Daya Puncak = Kapasitas Optimal + (Kapasitas Optimal x Rugi-rugi sistem)

Rugi-rugi sistem dapat ditentukan berkisar antara 15% sampai dengan 25%. Penambahan sebesar 15-25% tersebut untuk rugi-rugi sistem yang dipengaruhi oleh rugi akibat temperatur panel surya, rugi shading, toleransi panel surya, rugi pada kabel dan inverter.

  • Memilih Modul Surya dan Menghitung Kebutuhan Jumlah Modul Surya

Kebutuhan jumlah modul surya dipengaruhi oleh besar daya puncak sistem dan juga daya output yang dihasilkan oleh modul surya itu sendiri. Jika daya puncak sistem semakin besar, maka dapat disesuaikan juga dalam pemilihan modul surya yang memiliki daya output yang sesuai. Untuk menghitung kebutuhan jumlah modul surya dapat menggunakan rumus berikut:

Jumlah Modul = Daya Puncak / Daya Output Modul

  • Menghitung Luas Area Efektif

Setelah mengetahui kebutuhan jumlah modul surya, karena modul surya akan dipasang di atas atap, tentu anda harus menyesuaikan kapasitas atap yang anda miliki dengan dimensi modul surya yang akan terpasang nantinya. Untuk menghitung luas area efektif dapat menggunakan rumus berikut:

Area = Daya Puncak / Efisiensi Modul Surya

Besar daya puncak yang digunakan adalah sebesar daya puncak yang telah dihitung sebelumnya. Sedangkan untuk efisiensi modul surya dapat disesuaikan dengan efisiensi modul surya yang dipilih. Untuk mengetahui efisiensi modul, dapat dilihat pada spesifikasi lengkap modul surya dan juga melalui datasheet modul surya tersebut.

  • Memilih Inverter Sesuai Daya

Karena PLTS menghasilkan listrik DC maka diperlukannya sebuah inverter untuk beban komponen yang memerlukan sumber listrik AC seperti pada sumber listrik PLN pada umumnya. Sama seperti perhitungan kapasitas optimal sistem, dalam memilih inverter juga harus memerhatikan kapasitas inverter itu sendiri. Menurut aturan, kapasitas inverter yang terpasang setidaknya lebih kecil atau sama dengan daya PLN yang tersambung pada konsumen. Misalkan, jika daya yang tersambung sebesar 2200 W maka kapasitas inverter maksimum yang dapat digunakan adalah inverter dengan kapasitas 2200 W atau lebih kecil dari itu.

  • Menyiapkan Dokumen Pengajuan Penggunaan PLTS Atap ke PLN

Setelah proses perancangan selesai, wajib hukumnya untuk mendapatkan izin layak operasi dari PLN. Untuk mendapatkan itu anda memerlukan beberapa dokumen yang perlu diajukan kepada PLN, diantaranya:

  1. Desain sistem PLTS atap
  2. Single Line Diagram sistem PLTS atap
  3. Daftar dan spesifikasi komponen PLTS
  4. Sertifikat produk

Zonaebt.com

Renewable Conten Provider

#zonaebt #energisurya #perancanganPLTSatap #panelsurya #ESDM

Editor : Bunga Pertiwi

Referensi :

https://drive.esdm.go.id/wl/?id=XOegh8pXO9FMjebl4x0joDD6hIZe94Fm

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

32 Comment

  1. And while, french massage and not violates practically any prohibitions, for the reason it's not about sexual contact.
    Sensitive touch rasprekrasnoy girls will flow through your body, dipping in depth boundless the ocean pleasure. In the quiet slip, donating your skin kisses, prelestress envelops the warmth of one's body. You will be surprised at, which sea bliss today it is possible to feel fromnude massage in Midtown.
    Systematically visiting the four hands massage for clients, you guarantee himself excellent sexual relaxation.
    The energy massage inSoho it today skill give away bliss. The Soapy massage – on the influence on clients is meant practically unlimited available opportunities actions on bodily, and consequently, and psychoemotional state of health friends.
    Dear gentlemen!

    [url=https://telegra.ph/erotic-massage-nyc–masters-of-massages-and-pleasure-in-nyc-10-22]Как создать свой блог в интернете и сделать его популярным[/url]