Mampukah Pemerintah Membangun Pembangkit Bioenergi 600 Megawatt?

  • Pemerintah Indonesia berencana menambah pembangkit bioenergi hingga 600 megawatt (MW) dalam kurun waktu delapan tahun ke depan.
  • Menurutnya, pembangkit bioenergi dapat dikembangkan hampir di seluruh wilayah Negara Indonesia.
  • Pemerintah Indonesia kini telah turut menyusun strategi untuk memfasilitasi pengembangan bioenergi di Indonesia.

Pemerintah Indonesia berencana menambah pembangkit bioenergi hingga 600 megawatt (MW) dalam kurun waktu delapan tahun ke depan untuk meningkatkan bauran listrik bersih sekaligus diversifikasi demi mendukung ketahanan energi nasional.

Menurut Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dalam keterangannya di Jakarta pada Jumat lalu mengatakan bahwa selain surya, pembangkit listrik tenaga bioenergi juga mempunyai potensi besar untuk dikembangkan secara masal. Selama delapan tahun ke depan targetnya terjadi penambahan 600 megawatt.

Menurutnya juga, pembangkit bioenergi ini dapat dikembangkan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga:


Pembangkit Listrik Tenaga Termal Kini dan Nanti

Kondisi Geografis Indonesia Potensial Dirikan PLTHMGT


Mengapa harus bioenergi? Mengapa tidak yang lain? Hali ini disebabkan karena bioenergi merupakan sumber energi bersih yang paling lengkap karena dapat menghasilkan listrik sekaligus bahan bakar, sehingga bioenergi dapat menggantikan kedudukan bahan bakar fosil.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kapasitas terpasangnya listrik bioenergi di Indonesia mencapai 1.920 MW pada 2021.

Setrum bioenergi menduduki peringkat tiga terbesar dalam daftar energi terbarukan di Indonesia setelah air dan panas bumi yang masing-masing kapasitas sebesar 6.601 MW dan 2.276 MW.

Optimalisasi bioenergi melalui biogas di Indonesia berpotensi menggantikan 68 persen permintaan gas alam dan menurunkan emisi sebesar 12,1 persen.

Selain itu, pengembangan biogas dari limbah organik juga akan berdampak baik terhadap perekonomian dalam negeri dengan membuka setidaknya 160.000 peluang kerja.

Baca juga:


How do Solar Panels Transform Energy into Electricity? Click to find out!

Badan Geologi Sebut Tiga Lokasi Ini Berpotensi Untuk Penggunaan Panas Bumi


Pemerintah Indonesia kini telah turut menyusun strategi untuk memfasilitasi pengembangan bioenergi terutama dari limbah industri pertanian dan pengolahan kayu. Strategi itu tercipta melalui kerja sama antara Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Konservasi Alam, dan Keamanan Nuklir Pemerintah Jerman.

Apakah target Negara kita, Indonesia dalam membangun pembangkit bioenergi 600 MW hingga 2030 dapat terealisasi? Mari kita doakan saja agar terealisasinya target dan harapan negara ini.

Renewable Content Provider

#zonaebt #sebarterbarukan #bioenergi #energi #fosil #pembangkit

Editor : Bunga Pertiwi

Referensi:

https://www.borneonews.co.id/berita/252680-pemerintah-target-bangun-pembangkit-bioenergi-600-megawatt-hingga-2030

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *