Pemerintah Provinsi Bali Siap Mendukung Ekosistem Kendaraan Listrik Menuju G20

  • Dinas Perhubungan Provinsi Bali untuk merealisasikan rencana pemerintah diperlukan perkenalan berkendara listrik agar masyarakat tidak kembali membeli kendaraan berbahan minyak.
  • Ekosistem kendaraan listrik menuju G20 ini tidak berhenti saat kegiatan ini selesai, melainkan langkah awal dalam mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik yang menjadi sebuah transisi energi bersih dan ramah lingkungan
  • Pemerintah provinsi Bali sangat mendukung dalam mendorong percepatan kendaraan listrik. Dengan kolaborasi dari berbagai pihak seperti Grab Indonesia dan Komunitas DEVA dapat mengajak masyarakat Bali untuk dapat berkendara dengan kendaraan listrik. 

Berbicara tentang kendaraan listrik, masyarakat masih sangat awan dalam informasi kendaraan listrik (Electric Vehicle). Banyak langkah-langkah aksi dalam menyuarakan kendaraan listrik.  Dalam kegiatan “Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik Provinsi Bali Menuju G20” yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center, pada hari Minggu, 23 Januari 2022. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dari beberapa pihak antara lain, Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Bali, Grab Indonesia, Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, dan World Resources Institute (WRI) Indonesia.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa G20 atau Group of Twenty merupakan forum multilateral yang diikuti oleh Indonesia dan 18 negara lainnya meliputi Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa. Indonesia mengikuti forum ini untuk dapat Presidensi G20 yang bertema ”Recover Together, Recover Stronger”. Tema tersebut diambil dari tiga fokus utama dalam presidensi G20 yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan. Sehingga dalam kesempatan ini, Indonesia dapat memperjuangkan aspirasi dan manfaat positif dari kerjasama setiap anggota G20.


Baca juga:


Intelligent Transport System (ITS) saat kegiatan berlangsung, melakukan proses penandatanganan Nota Kesepahaman World Resources Institute (WRI) Indonesia dalam mempercepat transportasi rendah emisi di Provinsi Bali. Intelligent Transport System (ITS) Indonesia merupakan organisasi nirlaba bertujuan untuk mendorong pembangunan dan penggunaan sistem transportasi cerdas dan ekosistem transportasi yang nyaman. Sedangkan World Resources Institute (WRI) Indonesia merupakan lembaga penelitian independen yang memiliki visi dan misi untuk menciptakan keseimbangan antara perlindungan lingkungan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan manusia.

Menteri Perhubungan yaitu Bapak Budi Karya Sumadi, beliau memberikan sambutan dalam mengapresiasi kolaborasi dari beberapa pihak untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik menuju Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

“Kolaborasi mendukung ekosistem kendaraan listrik menuju G20 ini tidak berhenti saat kegiatan ini selesai, melainkan langkah awal dalam mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik, yang menjadi sebuah transisi energi bersih dan ramah lingkungan,” tutup Menhub.

Dalam hal ini pemerintah provinsi Bali sangat mendukung dalam mendorong percepatan kendaraan listrik. Dengan kolaborasi dari berbagai pihak seperti Grab Indonesia dan Komunitas DEVA dapat mengajak masyarakat Bali untuk dapat berkendara dengan kendaraan listrik. 

Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Bapak IGW Samsi Gunarta memberikan stigma bahwa upaya untuk merealisasikan rencana pemerintah diperlukan perkenalan berkendara listrik agar masyarakat tidak kembali membeli kendaraan berbahan minyak. Masih sangat sulit untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa kendaraan listrik sangatlah ramah lingkungan. Maka dengan adanya, Grab Indonesia, Komunitas DEVA dapat mempromosikan kendaraan listrik jauh lebih mudah tidak perlu mengisi minyak hanya mengisi baterai dirumah kendaraan dapat berjalan. 

Adanya kolaborasi pihak-pihak dalam menggiatkan kendaraan listrik, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo mengatakan bahwa “Dapat mewujudkan komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim yang menjadi isu global, maka sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung transportasi ramah lingkungan.”


Baca juga:


Direktur Grab Indonesia, Ibu Neneng Goenadi pun mengatakan bahwa “Untuk mewujudkan Indonesia terbebas dari emisi karbon diperlukan action untuk sama-sama membangun Bali dengan kendaraan yang ramah lingkungan.”

Selanjutnya dari Anggota DEVA, Bapak Pasek Wijaya, “Kami memperkenalkan DEVA sebagai bentuk asosiasi dalam penggiat kendaraan listrik untuk mensosialisasikan dan komunikasikan masyarakat agar semakin paham untuk berminat dalam penggunaan kendaraan listrik. Kegiatan dalam komunitas ini seperti yang sudah terlaksana yaitu pameran kendaraan listrik dari berbagai merk kendaraan listrik lalu mengadakan konvoi untuk memperkenalkan kendaraan listrik ke masyarakat umum.” ucap Pasek Wijaya

Sehingga kolaborasi untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Bali masyarakat dapat terbiasa dengan adanya promosi maupun penggiat kendaraan listrik. Sesuai dengan rencana pemerintah pun diperlukan transisi energi dan sektor transportasi. Karena jika terus menerus menggunakan kendaraan berbahan minyak dapat menyebabkan perubahan iklim dan merusak lapisan ozon. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsyad Rasyid, Presiden ITS Indonesia William Sabandar, Presiden Grab Indonesia Rizky Kramadibrata, Direktur WRI Indonesia  Tjokorda Nirarta Samadi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta, Kementerian Perhubungan  RI Budi Karya Sumadi, Gubernur Bali  I Wayan Koster, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Sekretaris Jendral ITS Indonesia Muhamad Kamaluddin, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan Anggota DEVA Pasek Wijaya.

zonaebt.com

Renewable Content Provider

#zonaebt #sebarterbarukan #EV #Kemenhub #G20 

Editor : Bunga Pertiwi

Referensi:

Dephub. http://dephub.go.id/post/read/sukseskan-penyelenggaraan-g20-menhub-apresiasi-kolaborasi-dukungan-ekosistem-kendaraan-listrik-di-bali 

Siar.com. https://siar.com/pemerintah-dukung-kolaborasi-antara-ekosistem-kendaraan-listrik/ 

Kata data. https://katadata.co.id/safrezi/berita/61bacf6dc7f4c/mengulas-apa-itu-g20-dan-sejarah-pembentukannya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *