Tips Membuat Panel Surya Sendiri

  • Panel tenaga surya saat ini telah banyak dimanfaatkan seiring dengan semakin menipisnya energi fosil dan bumi mengalami pemanasan global.
  • Panel surya merupakan alat yang dapat mengkonversi tenaga matahari menjadi energi listrik, selain lebih murah penggunaan panel surya ini juga ramah lingkungan sehingga perlu dikembangkan lebih jauh lagi.
  • Panel surya buatan pabrik terbuat dari material silicon yang diproses dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan energi yang besar

Saat ini masyarakat dapat memperoleh panel surya atau solar cell di toko-toko elektrik dengan mudah karena permintaan akan barang ini semakin meningkat. Hal inilah yang mendorong banyak pabrik untuk memproduksi panel surya dalam jumlah yang besar. Pada dasarnya panel surya buatan pabrik terbuat dari material silicon yang diproses dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan energi besar. Namun jika kita dapat membuat panel listrik  tenaga surya untuk rumah tangga sendiri dirumah mengapa harus membelinya?

Baca Juga



Bagaimana cara membuat panel surya sendiri?

Kita dapat membuat panel surya dari bahan selain silicon yaitu cuprous oxide yang banyak dijual di toko besi. Bahan ini juga mampu memberikan efek photoelectric  yaitu merubah cahaya menjadi aliran listrik melalui satu material. Apa saja bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat panel tenaga surya? berikut rinciannya:

  1. Lembaran tembaga mengkilat (1 lembar)
  2. Capit buaya (2 buah)
  3. Micro ammeter (1 buah)
  4. kompor listrik (1 buah)
  5. Botol plastik bening yang dipotong bagian atasnya (1 buah)
  6. Garam meja (2 sdm)
  7. Ampelas atau sikat kawat (1 buah)
  8. Gunting (1 buah)
  9. Air
  • Bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkah cara membuat panel listrik  tenaga surya sederhana:
  1. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang bahan-bahan pembuat panel surya agar tidak ada lemak atau minyak yang akan menempel
  2. Potong kawat tembaga dengan ukuran sama persis dengan ukuran panel pemanas yang ada dalam kompor listrik
  3. Tembaga yang telah dipotong kemudian bersihkan dengan menggunakan ampelas atau sikat kawat sehingga tidak ada kotoran yang dapat menghambat proses penyerapan energi matahari
  4. Setelah tembaga dibersihkan kemudian taruh diatas kompor listrik lalu bakar dengan voltase tertinggi.
  5. Lakukan proses pembakaran ini selama 30 menit hingga lapisan tembaga berubah warna menjadi hitam.
  6. Setelah proses pembakaran selesai, selanjutnya diamkan lapisan tembaga hingga dingin secara alami selama kurang lebih 20 menit. Setelah dingin maka lapisan tembaga akan berkerut sehingga lapisan oksida menyusut.
  7. Cuci dan gosok tembaga secara perlahan dengan tangan dibawah air yang mengalir, dalam proses ini jangan sekali-kali meregangkan lapisan tembaga karena dapat merusak lapisan oksida corpus yang dibutuhkan dalam pembuatan panel listrik tenaga surya murah.
  8. Potong lembaran tembaga lain seukuran dengan tembaga pertama kemudian tekuk kedua lembaran tembaga yaitu tembaga pertama dan kedua lalu masukkan kedalam botol plastic. Usahakan kedua tembaga tidak bersinggungan satu sama lain.
  9. Pasang capit buaya pada lembaran tembaga pertama dan pada lembaran tembaga kedua, kemudian pasangkan kabel dari tembaga kedua ke terminal positif dan kabel dari tembaga pertama yaitu yang telah dibakar ke terminal negatif dari ammeter.
  10. Masukkan air garam yang telah dipanaskan kedalam botol dengan hati-hati dan jangan membasahi capit buaya, selain itu ukuran air garam tidak boleh menenggelamkan seluruh plat tembaga.
  11. Uji panel surya sederhana yang telah dibuat dengan menaruhnya dibawah sinar matahari maka tenaga yang dihasilkan akan meningkat sekitar 33 micro amper.

Baca Juga



Demikian informasi seputar cara membuat panel tenaga surya sederhana yang dapat Anda praktekkan dirumah dengan mudah, selamat mencoba.

Zonaebt.com

Renewable Content Provider

Referensi :

Langkah Untuk Membuat Panel Tenaga Surya Sederhana Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment

  1. معمولا سر آستین و قسمت پایینی این لباس کشبافت است تا از نفوذ سرما به
    داخل آن جلوگیری شود.

    این سویشرت ها با توجه به جنسی که دارند با اینکه ضخیم نیستند
    گرمای قابل توجهی دارند و همچین می
    توان آنها را زیر پالتو یا کاپشن خود نیز
    بپوشید.