Wow Peluang Bisnis Baru 2022!, Buka Pengisian Daya Kendaraan Listrik (SPKLU)

Sebentar lagi, tahun akan segera berganti. Tahun 2022, yang  merupakan shio Macan Air- yang melambangkan keberanian, perlindungan, kekuatan, dan kepekaan. Apa ada rencana #sobatterbarukan untuk membuka bisnis atau ekspansi ke sektor lain?. Tapi masih pada bingung bukan? tahun depan buka bisnis apa yang akan menguntungkan. Apalagi pandemi Covid-19 belum juga kelihatan ujung akan berakhir. 

Para pembaca, tidak perlu merasa bingung dan pusing dong tentunya, biar penulis saja yang alami. Kali ini zonaebt.com memberikan bocoran bisnis yang bakal melejit di tahun 2022 dan bahkan akan terus berkembang dimasa depan. Pada penasaran ya?, ayo tebak. Lah kok main tebak-tebakan. “Ini jadi beri info peluang bisnis gak”? . Tenang yaa, zonaebt akan segera membagikan informasi kok!

Bisnisnya itu adalah, bisnis pengisian daya kendaraan listrik. Macam Pertamina, tapi tidak memerlukan minyak BBM hanya perlu listrik dari PLN. 

Dilansir dari website resmi PLN.co.id langsung, dijelaskan bahwa bisnis SPKLU merupakan bentuk dukungan dalam mendorong serta mempercepat pemerataan tempat pengisian kendaraan listrik di Indonesia. Dalam hal ini, PLN tidak bisa berjalan sendiri nih- untuk itu PLN menggandeng #sobatterbarukan untuk ikut andil dalam berkolaborasi  menjadi mitra penyedia SPKLU.

Baca juga: 


GENJOT PENGGUNAAN EBT, PLN HADIRKAN LAYANAN SERTIFIKAT ENERGI TERBARUKAN

Tentang Green Jobs, Tren Karir Masa Depan yang ‘Ramah Lingkungan’


Apa itu SPKLU?

SPKLU merupakan sebuah singkatan agar #sobatterbarukan lebih mudah dan mengerti. Informasi yang diberikan oleh PLN, SPKLU itu berarti stasiun pengisian kendaraan listrik umum. 

Dilansir dari Bisnis.com, Agung  Murdifi, Executive Vice President Korporat PLN, berujar bahwa perkembangan kendaraan listrik di Indonesia makin kesini dan juga di masa depan itu merupakan peluang bisnis yang menjanjikan dan baru.

Tidak seperti membuka bisnis waralaba Pertamina, yang harus memiliki modal dan operasional yang tinggi. Menjalan bisnis SPKLU itu sangat mudah dan banyak pilihan. Tentunya itu merupakan komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mitranya. Berikut merupakan skema kerjasama/partnership SPKLU dan badan usaha: 

Dalam perkembangannya terdapat tiga model kerjasama yang ditawarkan oleh PLN. Semua informasi sudah jelas sekali dan mudah dimengerti, untuk itu berikut ini penjelasan lebih detail untuk beberapa model kerjasama SPKLU.

Baca juga: 


PERTARUNGAN SERU, BISNIS KENDARAAN LISTRIK TANAH AIR

MENGENAL LEBIH DEKAT ANAK PERUSAHAAN PLN, PT INDONESIA POWER


  1. Model 1: Skema kerja sama antara PLN dengan mitra dalam hal ini disebut dengan Partner, dimana PLN akan menyediakan dan menjual listrik tenaga listrik ke partner. Selain itu juga, PLN menyediakan platform teknologi berupa aplikasi dan juga informasi/komunikasi. Partner berhak untuk menyediakan, mengoperasikan dan/atau memelihara fasilitas tempat pengisian ulang dan paling penting Partner harus menyediakan lahan baru, sebagai tempat untuk menempatkan fasilitas pengisian daya
  2. Model 2: Skema kerja sama antara PLN dengan mitra dalam hal ini disebut dengan Partner, dimana PLN menyediakan dan menjual listrik dan tentunya menyedikan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi serta lahan baru. Sedangkan untuk Partner menyediakan, mengoperasikan dan atau memelihara fasilitas pengisian ulang. 
  3. Model 3, skema yang terakhir dimana antara PLN dengan Partner menyediakan dan menjual tenaga listrik , menyediakan platform teknologi informasi dan komunikasi  dan juga mengoperasikan serta memelihara fasilitas pengisian ulang yang di tempatnya di lahan milik PLN yang tersedia. 

Apakah sudah ada ketertarikan untuk membuka bisnis Pengisian daya kendaraan listrik?.  Jika memang tertarik, langsung saja melakukan pendaftaran melalui website resmi pln.co.id. 2022 sudah didepan mata, tunggu apalagi segera buka usaha baru, linknya ada di bawah ini: 

https://layanan.pln.co.id/partnership-spklu/register

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, semua negara dan para pelaku usaha besar- mereka berbondong untuk pindah haluan untuk berbisnis di energi bersih. Sebut saja raksasa minyak Asia Tenggara siapa lagi kalau bukan Pertamina (Persero). Belakangan waktu lalu pertamina juga sudah membuka tempat pengisian daya di beberapa SPBU Jakarta. Dimuat media massa, bahwa Pertamina menggandeng Gojek untuk kerjasama penukaran baterai kendaraan listrik- sistem swap. Sedangkan SPKLU yang dimiliki oleh PLN itu sistem pengecasan/ charger.

Perusahaan besar sudah mulai berebut bisnis pengisian baterai kendaraan listrik. Kapan lagi kita kapan mau bergerak, apakah cukup menjadi konsumen saja?. Bukan hal yang baru lagi, kedepan, bisnis yang lebih ramah lingkungan akan berkembang pesat dan selaras juga terus akan membutuhkan pekerjaan di sektor hijau. 

Jadi 2022, pilihanmu untuk buka SPKLU?

#zonaebt #sebarterbaukan #SPKLU #PLN #Pertamina #bisnis2022

Referensi: 

https://layanan.pln.co.id/partnership-spklu

https://layanan.pln.co.id/partnership-spklu/register

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211108/44/1463301/calon-pengusaha-spklu-tinggal-daftar-di-website-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Comment