Makara EV Bengkel Sepada Listrik Custom Bali

Dibalik redupnya industri pariwisata di Bali, banyak lahirnya ide baru. Sebuah terobosan kecil yang bisa dilakukan melalui bengkel. Pandemi ini bukan menjadi halangan, untuk tetap berkarya. Dalam masa COVID-19 ini, justru jadi batu loncatan. Beralihnya walaupun masih malu-malu, kendaraan BBM atau pembakaran didalam kelak pelan tapi pasti, akan terganti. Penggantinya bukan Kuda maupun Unta. Tapi kendaraan listrik.


Kali ini tim zonaEBT berkunjung ke Makara. EV yang diprakarsai oleh Om Donny. Bengkel custom kendaran listrik yang terletak di Denpasar Bali, tepatnya di Jl. Pulau Ayu No 1. Denpasar Barat. Baru pertama masuk, sudah terdengar suara mesin las dan gerinda. Berpacu saling beradu, ego paling keras. Begitu lah kondisi Bengkel Custom. Pemandangan yang unik. Para pelaku UMKM di bidang kendaraan listrik khususnya di Bali masih sedikit. Bahkan dapat dihitung dengan jari. Pemerintah sektor terkait, diharapkan hadir sebagai katalis untuk mendorong dengan stimulus bantuan. Baik modal maupun akses pasar. Penulis salut dengan apa yang telah dilakukan Om Donny dan tim. Industri otomotif kendaraan listrik, saya kira bukan sekedar mencari uang. Tapi ada pesan yang tersirat. salah satunya ikut berkontribusi terkait pengurangan emisi karbon dan perubahan lingkungan.

Bengkel custom kendaraan listrik Makara EV saat ini baru memproduksi sepeda listrik custom 3 unit. Model pertama bernama ARJ 20, sedangkan dua model lainnya belum ada namanya. Selain hanya berfokus pada sepeda listrik, Makara EV juga sedang menggarap konveksi Motor Honda Tiger BBM ke Tiger elektrik. Bila ada masyarakat Bali tertarik untuk mengubah sistem kendaraan BBMnya menjadi kendaraan listrik. tentu bisa dilakukan di Makara EV.

Baca juga:




Menurut keterangan Bu Indah istri dari Pak Donny. Keluhan yang paling banyak dihadapi calon konsumen yaitu, “Saat ini para calon konsumen merasa bimbang, tatkala membeli motor/sepeda listrik. Motor BBM yang lama mau dibawa kemana? Apa lagi sejak masa COVID-19 ini, harga jual bekas kendaraan motor dan mobil begitu anjlok”.

Peran pemerintah disini harus hadir sebagai jembatan permasalahan masyarakat dan sektor swasta.
Memberikan dorongan untuk percepatan peralihan kendaraan BBM ke listrik. Tetapi bukan sekedar dorongan belaka. Diharapkan ikut serta dalam menyelesaikan masalah seperti:

  1. Kendaraan BBM lama mau dibawa kemana? Apa bisa di daur ulang. Dibongkar untuk dicari komponen yang layak dijual kembali
  2. Harga jual bekas kendaraan BBM untuk didaur ulang harus bisa bersaing dipasar.
  3. Pemerintah melalui bank BUMN maupun bank daerah. secara gotong royong memberikan kredit murah. Teruntuk masyarakat yang ingin membeli kendaraan listrik.
  4. Terakhir, jumlah SPKLU harus diperbanyak dan kalau bisa setiap komplek rumah. Ada SPKLU.

Kendaraan sepeda listrik yang diproduksi Makara EV memiliki desain yang berbeda setiap modelnya. Ini karena memang dirancang dari nol mulai dari pengelasan rangga sampai pengecatan body. Untuk itu model dari sepeda listrik Mekara EV, memiliki daya tarik seni yang tinggi. Apa lagi para mekanik disana, merupakan putra putra Bali, yang tentunya kental akan darah seniman. Degan merogoh kocek sekitar 15 juta (masa promo) dan harga normalnya nanti 18-20 juta. Para pecinta kendaraan listrik custom sudah mendapatkan sepeda listrik yang berbeda dari pasaran. Berbeda karena berbahan listrik dan berbeda karena design kental akan seni.

Baca juga:




Diharapkan langkah yang dilakukan oleh Om Donny banyak menginspirasi para pelaku usaha dan juga startup anak muda. Untuk terjun ke industri kendaraan listrik. Pelan tapi pasti kurang dari sepuluh tahun lagi, kita akan sering melihat kendaraan listrik mondar-mandir di jalanan. Daripada hanya menjadi penonton dan hanya bisa melihat kendaraan listrik dari Tiongkok itu menguasai jalanan Indonesia. Sudah saatnya kita gaungkan taring, bahwa kita bisa dan kita mampu memproduksi kendaraan listrik nasional. Bangga akan buatan indonesia. Made in indonesia.

#listrik #ebt #energi #power #terbarukan #bank #bumn #pln #esdm #p2p #ev #custom #bali #umkm #bengkel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *