Gemah ripah loh jinawi

Sawit sumber segala energi Indonesia

Negara-negara maju sedang dilanda demam kendaraan berbasis EV (Electric Vehicle). Lebih dari 14 negara dan 20 kota akan melarang penjualan mobil berbahan bakar fosil (mobil konvensional). Norwegia pada tahun 2025, Inggris 2030, Kanada 2035, Singapura 2040 dan Demark 2035. Dunia sedang mengalami disrupsi radikal terbesar sepanjang sejarah peralihan mobil konvensional ke arah mobil listrik.

Begitu maraknya penggunaan kendaraan berbasis listrik, beberapa pakar mengkhawatirkan adanya situasi pisau bermata dua yang menjadi dilema. Di satu sisi, penggunaan mobil EV akan menurunkan karbon dioksida dunia menjadi karbon netral, di sisi lainnya sumber energi listrik akan mengalami kekurangan sumber daya dan bahan baku.

Baca juga:



Diprediksi dunia akan mengalami krisis sumber bahan baku listrik karena bukan hanya kendaran EV yang membutuhkan daya tetapi juga mayoritas utility manusia berbasis listrik. Faktanya saat ini energi mayoritas masih dihasilkan dari bahan fosil. Bila kondisi ini berlanjut, dunia semakin cepat ke arah defisit sumber energi. Jika melihat Bumi Nusantara yang dianugerahkan oleh Yang Maha Kuasa dengan wilayah tropika, besar potensi adanya alternatif sumber energi berbahan nabati (BBN).

Potensi paling besar terdapat pada sumber nabati berbasis tanaman Sawit yang tumbuh subur di sepanjang wilayah Indonesia. Menurut data dari BPS 2019 luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 14,32 juta hektar dan menghasilkan 47 juta ton CPO pada tahun 2019 data menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia. Laju perkembangan dunia IPTEK, diharapkan CPO kedepannya langsung dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD). Penggunaan CPO untuk pembangkit PLTD diharapkan jauh lebih efisien dapat menekan devisa dari impor BBM luar negeri.

Baca juga:



Gegap gempita dunia mengalami perubahan radikal dari kendaraan internal combustion engine (mobil konvensional) ke Electric vehicle (mobil listrik) tidak akan menyebabkan kekhawatiran masyarakat akan trauma listrik yang BIARPET. Salah satu masa depan sumber energi EBT nabati yang Gemah Ripah Loh Jinawi yaitu Sawit.

#sawit #energi #listrik #indonesia #swasembada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *