MENGAPA NILAI EKSPOR LISTRIK PLTS ATAP KE PLN HANYA DIHARGAI 65%?

QnA seputar pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) [SERIAL 5]

Kabar terbaru 03 Juni 2021

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana akan mengevaluasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 Tahun 2018 dalam rangka mempercepat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Indonesia. Dengan adanya perubahan ini ditargetkan bisa rampung ada kuartal I tahun ini.

Dilansir dari Katadata.co.id, dalam revisi ini nilai transaksi ekspor energi dari PLTS Atap ke PLN akan dinaikan menjadi 100% dari sebelumnya hanya 65%. Keterangan dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan bahwa revisi ini dilakukan demi meningkatkan minat masyarakat dalam berinvestasi pada PLTS atap.

Baca juga:


Problematika PLTSa : Solusi atau Polusi?

PREDIKSI ANGIN LEPAS PANTAI SERAP DAYA LEBIH BESAR DI TAHUN 2030


“Ini memberikan insentif tambahan untuk memberikan ketertarikan masyarakat untuk memasang PLTS. Jadi 100% yang diproduksi konsumen, 100% juga bisa dititipkan PLN, dan 100% bisa diambil konsumen,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama komisi VII DPR, Kamis (3/6).

Dalam perubahannya, sasaran pemerintah adalah pemilik PLTS atap bisa mendapatkan jatah lebih besar dari daya yang dihasilkan. Meski tidak masuk ke jaringan PLN, para pemilik PLTS bisa mengirimkan listrik yang dihasilkan ke PLN. Masalahnya dengan aturan yang ada, sekarang tidak banyak daya yang bisa dinikmati pemilik PLTS. Hal itu yang akan diperbaiki dalam aturan baru, dilansir dari republika.co.id

“Kalau sekarang kami kirim 100 kWh ke PLN, kami bisa pakai 65 persennya. Sekarang kami sedang bahas dengan PLN bisa naik berapa. Kalau bisa ambil lebih banyak itu lebih menarik,” ungkap Dadan.

Baca juga:


Tips Membuat Panel Surya Sendiri

PERPRES EBT TERBIT, ENERGI PANAS BUMI AKAN JADI PRIMADONA


Menarik ditunggu gebrakan dari pemerintah terkait menaikan baluran energi baru terbarukan di negara kita. Salah satunya memanfaatkan energi dari PLTS atap untuk mencapai target 23% EBT pada tahun 2025. Mengingat saat ini sudah ada 3,152 pelanggan dengan total kapasitas PLTS atap yang terpasang mencapai 22,632 Mega Watt peak (WMp).

Karena pemanfaatan energi baru terbarukan bisa dimulai dari diri kita sendiri.

#surya #solarpanel #PLTS #atap #energi #listrik #pln #esdm #panelsurya #ebt

 
 
 
 

Jangan lupa untuk mengunjungi chanel media zonaebt lainnya

https://linktr.ee/zonaebt

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.