E-BOOK: PISAH DAUN (Pilah Sampah Dapat Untung)

Salah satu hal yang selalu dinanti oleh SOBAT TERBARUKAN yaitu BAGI-BAGI E-BOOK. Edisi kali ini admin akan bagikan e-book berjudul PISAH DAUN (Pilah Sampah Dapat Untung) yang disusun oleh Dinas Lingkungan hidup Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, sampah merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Hasil sisa kegiatan sehari-hari ini memerlukan pengelolaan yang komprehensif agar tidak menimbulkan dampak buruk baik bagi kesehatan maupun bagi lingkungan. Berdasarkan data dari kementerian Lingkungan Hidup RI, jumlah timbunan sampah nasional yang pada tahun 2020 mencapai 67,8 juta ton sehingga perlu adanya langkah-langkah strategis dalam pengelolaan sampah serta perubahan pola perilaku masyarakat yang peduli pengelolaan sampah.

LINK DOWNLOAD: https://bit.ly/bukuzonaebt3

Baca juga:


MOMENTUM PENGHAPUSAN BBM PREMIUM DAN PERTALITE, AKSELERASI PENGGUNAAN KENDARAAN LISTRIK

Industri Andalkan Co-firing Biomassa Menuju Transisi Energi


Dewasa ini sampah masih terikat dengan paradigma yang menganggap bahwa sampah merupakan sesuatu yang tidak berguna dan tidak memiliki nilai yang bisa dimanfaatkan. Tetapi dengan adanya konsep baru pemilahan sampah menerapkan prinsip 5R+1R (reduce, reuse, recycle, repair dan refuse)+ (rethink) diharapkan terjadi perubahan paradigma terhadap sampah.

Namun dalam prakteknya tersebut belum sepenuhnya diketahui dan dipahami masyarakat. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan edukasi dan pemberian pemahaman kepada masyarakat tekait paradigma pengelolaan sampah dan ekonomi sirkuler, adanya e-book “PISAH DAUN’ (PILAH SAMPAH JADI UANG) yang dapat dijadikan acuan bagi pemerintah kabupaten/kota serta masyarakat dalam pengelola sampahnya dari rumah masing-masing.

Di dalam buku ini SOBAT TERBARUKAN akan mengetahui teknik dasar dalam mengelola sampahnya masing masing, bagusnya lagi dapat dilakukan di rumah tanpa perlu repot mengandalkan jasa angkut sampah.

Baca juga:


Bagaimana Cara Kerja Panel Surya?

GOJEK SIAP UJI KENDARAAN LISTRIK MENUJU ERA BEBAS EMISI


Ada beberapa teknik/jenis untuk mengelola sampah yakni:

1. Keranjang Takakura

2. Komposter karung

3. Maggot BSF

4. Komposter drum

5. Komposter pot

6. Biopori

7. Bata Terawang

Sudah saatnya dilakukan pengelolaan sampah dari sumber yaitu di rumah masing-masing. Saat ini kita tahu bahwa beberapa TPA sudah penuh dan bahkan ada yang sampai overload. Dibeberapa kasus ada TPA sampah longsor karena tidak kuat lagi menampung sampah yang masuk. Agar tidak terulang kejadian seperti itu, mari saatnya kita mengolah sampah dari sumber, dengan beberapa metode/teknik dalam buku ini.

Sampah dari kita, kita oleh sendiri!

#apsi #bsfindonesia #pkmi #sampah #energi #maggot #organik #plastik #3r #tpa #pencemaran #kompos #Takakura #Komposter #biopori

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.