Apa Saja Keuntungan Jika Memasang PLTS Atap?

Apa itu PLTS Atap?

PLTS atap adalah pembangkit listrik tenaga surya dengan komponen panel surya yang dipasang di atap dan dinding suatu bangunan, seperti di rumah, kantor, pabrik, atau tempat parkir. Pemasangan bisa dilakukan sendiri, namun akan lebih baik lagi jika rencana pemasangan dikomunikasikan dengan kantor PLN terdekat.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Komponen utama dari PLTS adalah panel surya fotovoltaik yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan listrik sehari-hari. Arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya fotovoltaik adalah arus listrik searah (DC) sehingga dibutuhkan komponen lainnya seperti inverter untuk mengkonversi arus listrik searah (DC) ini menjadi arus listrik bolak-balik (AC).

Potensi dan Perkembangan PLTS di Indonesia

Baca  juga:


Wow Peluang Bisnis Baru 2022!, Buka Pengisian Daya Kendaraan Listrik (SPKLU)

PERTAMINA DORONG TRANSISI ENERGI BERSIH PANAS BUMI


Dilansir dari esdm.go.id, potensi dari energi surya di indonesia sangat besar yakni mencapai sekitar 4.8KWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp, namun yang baru dimanfaatkan sekitar 10 MWp. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan roadmap pemanfaatan energi surya yang menargetkan kapasitas PLTS terpasang hingga tahun 2025 sebesar 0.87 GW atau sekitar 50 MWp/pertahun.

Masih banyak desa-desa di Indonesia yang belum mendapatkan akses listrik secara merata. Meskipun angka rasio elektrifikasi perdesaan mencapai 99,48% atau meningkat signifikan 84% dari tahun 2019, per Agustus 2020 masih terdapat 433 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Secara terperinci, 433 desa tersebut terbagi di daerah Papua sebanyak 325 desa, Papua Barat sebanyak 102 desa, Nusa Tenggara Timur sebanyak 5 desa, dan Maluku 1 desa. Dengan menggunakan energi alternatif dari tenaga surya, diharapkan akses listrik akan dapat segera dinikmati secara merata oleh semua masyarakat Indonesia diakses dari sunenergi.id.

Baca juga:


Kini saatnya untuk beralih ke energi surya dan rasakan manfaatnya

Di masa depan kita tidak tahu ancaman akan krisis energi listrik bisa terjadi. Mengingat efek pemanasan global yang hari ini kian terasa. Mulai dari sekarang SOBAT TERBARUKAN bisa beralih ke energi alternatif menggunakan sinar matahari/surya. Tidak hanya menghemat biaya listrik bulanan namun juga sekaligus menciptakan lingkungan energi yang bersih. Energi baru terbarukan menjadi solusi terbaik.

#surya #plts #energi #ebt #zonaebt #terbarukan #atap #esdm #listrik #pln

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *