Daftar 5 Film Dokumenter Tentang Isu Lingkungan Di Indonesia yang wajib Anda Tonton “GRATIS”

Di masa PPKM saat ini, pemerintah sangat menganjurkan kepada kita untuk tidak pergi kemana-mana (stay at home). Supaya tidak jenuh akibat kegiatan yang itu-itu saja, salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan menonton film kesayangan bersama keluarga. Menonton film merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan sekaligus menghibur. Namun, tak hanya sekedar hiburan saja, tentu sangat lebih baik lagi jika kita menonton film yang mengandung unsur-unsur edukasi. Selain mendapat hiburan, tentu kita akan mendapatkan pelajaran dalam film tersebut.

Ada banyak sekali pilihan-pilihan film edukasi yang disajikan dan bisa di tonton. Salah satu film yang sangat patut untuk dicoba yaitu film dengan tema mengenai isu lingkungan. Tema isu lingkungan? Pasti kalian sudah berpikiran bahwa film jenis lingkungan itu sangat membosankan. Eitsss, jangan takut! Ternyata banyak loh film dengan tema lingkungan yang sangat bagus dan tidak membosankan yang dihasilkan sutradara bahkan nantinya kalian akan ketagihan karena alur cerita yang menarik dan didalamnya akan terdapat pesan yang sangat bagus! 

Nah, dari banyak film yang ada, kali ini Admin ZonaEBT akan menyarankan 5 film bertema lingkungan yang tidak boleh Anda lewatkan dan wajib ditonton, Gratis!

Baca juga:

  1. Sexy Killers (2019)

Sexy Killers berawal dari isu yang beredar di masyarakat, yakni adanya masalah lingkungan akibat pertambangan batu bara. Isu tersebut ditelisik dari atas hingga pangkalnya, dari sebab pimpinan tambang batu bara hingga akibat bagi lingkungan dan masyarakat. Berlatar dari Kalimantan Timur yang kemudian menyebar menuju PLTU yang ada di pulau Jawa dan Bali, menambah alur perjalanan batu hitam berharga tersebut.

Link trailer film:

2. Pulau Plastik (2021)

Film dokumenter Pulau Plastik: Perjalanan dan Catatan untuk Masa Depan. Film yang digagas sutradara dokumenter Dandhy Laksono dan Rahung Nasution ini menceritakan tiga individu dan perjuangan mereka dalam melawan polusi plastik sekali pakai serta dampaknya terhadap kesehatan manusia serta cara mengatasi krisis polusi plastik di pulau Bali dan sekitarnya. 

Link trailer film:

3. Semes7a (2020)

Film dokumenter Semesta mengisahkan tentang tujuh sosok di tujuh provinsi Indonesia dengan latar belakang yang berbeda untuk membagikan pengalaman mereka dalam merawat alam dengan cara dan pemahaman masing-masing

Ketujuh tokoh yang terlibat dalam penggarapan film dokumenter ini adalah Tjokorda Raka Kerthyasa, Agustinus Pius Inam, Romo Marselus Hasan, Almina Kacili, Muhammad Yusuf, Iskandar Waworuntu, dan Soraya Cassandra.

Link trailer film:

4. ASIMETRIS (2018)

Di film Asimetris kita akan melihat bagaimana dukungan lembaga-lembaga keuangan global dan siapa saja yang sesungguhnya paling diuntungkan dalam industri ini, selain 16 juta rakyat Indonesia yang memang ikut menggantungkan hidupnya.

Link trailer film:

5. Jaring Oligarki Sang Haji (2021)

Film yang menceritakan seputar Tambang Batubara di Kalimantan Selatan. Persekongkolan antara pejabat dan pengusaha kaya adalah hal lumrah dalam dunia politik. Sudah menjadi rahasia umum, jika pejabat dan para konglomerat punya hubungan yang harmonis, sebuah simbiosis mutualisme yang bermuara pada satu hilir, yaitu uang dan kekuasaan. Hal ini pun berlaku dan terjadi di Kalimantan Selatan.

Link trailer film:

Baca juga:

Nah, itu dia 5 film bertema Lingkungan yang bisa menemani kalian dikala PPKM ini. Selain mendapat hiburan, film di atas juga meningkatkan wawasan dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. So, jangan ragu buat nonton ya!

#film #indonesia #isu #lingkungan #gratis #PPKM #energi #listrik #EBT #batubara #sawit #banjir #plastik #navicula #dandhylaksono #pln #PLTU #kalimantan #nicholassaputra #tambang #kebun #jawa #bali #pencemaran #nonton #nobar #mduniver #watchdoc #dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *